
Nvidia GeForce RTX 5070 baru terungkap sepenuhnya minggu ini di CES 2025, tetapi GPU-nya sudah menimbulkan kehebohan. Meskipun bisa dibilang yang paling tidak bertenaga dari seri 50 yang baru saja diluncurkan, RTX 5070 telah menjadi subyek sejumlah klaim yang layak menjadi berita utama. Sayangnya, kebanyakan orang harus menunggu hingga seri 50 diluncurkan pada bulan Februari ini untuk melihat apakah itu layak untuk dihebohkan—tetapi jurnalis teknologi bukanlah kebanyakan orang.
Contohnya, PCGamesN telah melihat RTX 5070 beraksi dan sejak itu membagikan temuannya. Jadi, apa kebenaran di balik klaim di atas panggung oleh CEO Nvidia Jen-Hsun Huang bahwa RTX 5070 akan menawarkan “kinerja RTX 4090 dengan harga $549”? Ternyata, ada banyak hal di dalamnya—tetapi bukannya tanpa peringatan.
Pertama, kabar baiknya: saat bermain Marvel Rivals, jurnalis PCGamesN Ben Hardwidge menemukan bahwa RTX 5070 tidak hanya menawarkan performa yang sebanding, tetapi sebenarnya mengungguli RTX 4090, yang dulunya merupakan kartu andalan Nvidia. Namun, beritanya tidak terlalu buruk, tetapi yang lebih membuat saya tidak yakin bagaimana perasaannya tentang berita ini adalah bahwa kita memiliki inti Tensor baru dari GPU dan dukungannya terhadap DLSS 4 yang baru saja diumumkan Nvidia. Generasi Multi Frame mengucapkan terima kasih.
Ini bukanlah langkah yang mengejutkan. Nvidia telah menghentikan proses rendering grafis raster selama bertahun-tahun, dan Huang sendiri pernah mengatakan pada bulan September 2024, “Kami tidak dapat lagi membuat grafik komputer tanpa kecerdasan buatan. Kami menghitung satu piksel, kami menyimpulkan 32 piksel lainnya. Maksud saya, itu adalah menakjubkan.”
Untuk lebih jelasnya, nama permainan DLSS 4 adalah generasi bingkai yang paling mengesankan. Sehubungan dengan RTX 5070, DLSS 4 menggunakan AI dan data dalam game untuk menghasilkan hingga tiga frame penuh di antara frame yang dirender secara tradisional. Sederhananya, DLSS 4 adalah yang memberi Anda keuntungan ekstra.
Pada CES 2025, Nvidia menyiapkan dua mesin untuk dibandingkan oleh para tamu pameran dagang—satu dilengkapi dengan RTX 5070 dan generasi multi-frame, dan satu lagi menggunakan RTX 4090 lama dengan pembuatan bingkai standar. Selain perbedaan besar tersebut, kedua mesin menjalankan Marvel Rivals pada 4K dengan jumlah DLSS tertinggi yang didukung oleh kartu grafis masing-masing. Hasilnya? Hardwridge menulis bahwa RTX 5070 secara konsisten mengungguli kartu lama, menghasilkan output sekitar 240 fps dibandingkan dengan rata-rata RTX 4090 sebesar 180 fps.
Semua spesifikasi teknologi utama tersebut, seperti CPU mana yang digunakan untuk pembuatan perbandingan ini, masih belum jelas, jadi sulit untuk mengatakan secara pasti seberapa dapat direplikasinya angka-angka tersebut. Mungkin juga tidak perlu dikatakan lagi, tetapi kartu yang lebih lama tidak mendukung gen multi frame DLSS 4, jadi orang dapat berdalih tentang betapa berharganya perbandingan ini.
Lebih jauh lagi, bahkan Nvidia menekankan bahwa titik perbandingan ini agak aneh, karena Marvel Rivals tampaknya dioptimalkan dengan baik untuk RTX 5070; ketika diuji pada judul itu tidak Saingan Marvel, tampaknya ada kesenjangan kinerja yang jauh lebih kecil antara kedua kartu tersebut.
Namun, hal ini menunjukkan bahwa kinerja RTX 4090 yang dulunya berharga lebih dari satu setengah ribu dolar, kini dapat dijangkau dengan harga yang jauh lebih murah. Asalkan DLSS 4 terlibat, tentu saja.