
Tonton Aktif
Monitor gaming terbaik merupakan hasil rekayasa yang luar biasa, dikemas dengan jutaan piksel, yang dapat mengubah warna lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Anda memang memerlukan kartu grafis yang layak untuk menjalankan semuanya, tetapi salah satu pembuat kode yang terinspirasi memiliki solusi untuk ini dalam bentuk permainan yang hanya menggunakan subpiksel monitor Anda.
Saat saya menulis ini, saya sedang menatap monitor 4K 27 inci. Layarnya sedikit di bawah 8.3 juta piksel dan, jelas sekali, ukurannya terlalu kecil untuk dilihat dengan mata. Namun jika Anda mengambil mikroskop atau kamera dengan lensa makro yang bagus, Anda akan langsung menyadarinya dan fakta bahwa setiap piksel adalah kumpulan dari tiga (terkadang empat) piksel yang lebih kecil, masing-masing untuk saluran warna merah, biru, dan hijau. . Mereka disebut subpiksel.
Terpesona dengan penemuan mereka sendiri, pembuat kode Patrick Gillespie (melalui Sweclockers) terinspirasi untuk membuat versi Snake, permainan telepon klasik, yang bekerja sepenuhnya melalui sub-piksel monitor. Dengan kata lain, daripada menggerakkan ular yang terdiri dari satu atau dua piksel penuh di sekitar layar, Gillespie menemukan cara untuk melakukannya hanya dengan subpiksel.
Jika Anda ingin tahu seperti apa tampilannya, Anda dapat mencoba sendiri 'Subpixel Snake' di situs web Gillespie atau Anda dapat mengunduh kode javascript dari GitHub, dan mengkompilasinya untuk perangkat keras Anda sendiri. Hanya ada satu masalah kecil—kecuali Anda memiliki mata seperti Legolas, Anda hampir tidak akan memperhatikan apa pun, yang berarti Anda hampir pasti memerlukan mikroskop (atau lensa makro yang bagus).
Dan jangan berpikir Anda dapat memperbesar jendela browser Anda sepenuhnya, karena semakin sering Anda melakukan ini, semakin banyak subpiksel dalam kode permainan yang tidak sejajar dengan subpiksel monitor Anda. Faktanya, Anda harus pergi ke arah lain dan menggulirkan jendela browser Anda sepenuhnya untuk memastikan semuanya sesuai. Bisa saja kamu Bisa coba perbesar sepenuhnya dan bahkan gunakan perangkat lunak untuk lebih memperbesar bagian layar itu, tetapi itu tidak berfungsi dengan benar.
Jika semua itu tampak terlalu merepotkan, Anda bisa menonton video YouTube di atas saja, tetapi tetap saja itu sepadan dengan waktu Anda selama lima menit, karena Gillespie menjelaskan bagaimana semuanya dilakukan. Subpiksel Snake tidak memiliki tujuan praktis apa pun dan juga tidak mendorong batas-batas pengembangan game lebih jauh ke depan, tetapi bagi saya, ini hanyalah upaya yang sangat rapi.
Saya rasa siapa pun yang berminat menjadi pengembang game harus mencoba proyek serupa. Dengan cara yang sama seperti pembuat kode kamar tidur pada tahun 1980-an bekerja dengan palet warna terbatas dan jumlah RAM yang kecil, memaksa diri Anda untuk bekerja pada perangkat keras modern dan sangat kuat yang sangat dibatasi dalam hal kemampuan, akan membantu Anda memahami mengapa dan bagaimana segala sesuatunya bekerja. . Dan seperti halnya para pembuat kode lama, hal ini dapat menghasilkan permainan yang lebih baik.
Tentu saja, mungkin tidak ada jalur karier yang bisa ditemukan di dunia game subpiksel, tetapi coba pikirkan reaksi seperti apa yang akan Anda dapatkan saat wawancara kerja pengembang game ketika Anda mengeluarkan mikroskop untuk memamerkan hit indie besar berikutnya.